Apa itu Brand Awareness? Bagaimana Membangun Brand Awareness dalam Bisnis?

Share your love

Bisnis sangat identik dengan kehadiran merek (brand). Sebuah merek akan dikenal secara luas oleh masyarakat ketika menerapkan strategi branding yang baik. Salah satu dari tujuan strategi branding ini adalah untuk meningkatkan brand awareness di masyarakat.

Membuat sebuah merek dikenal oleh masyarakat luas akan mempengaruhi citra merek tersebut dan mendapatkan kepercayaan yang baik dari masyarakat terutama target pasar. Mereka cenderung akan memilih merek yang namanya sudah dikenal dibandingkan yang belum mereka kenali sebelumnya.

Apa itu Brand Awareness?

Brand awareness diartikan sebagai kemampuan yang dimiliki oleh masyarakat terutama konsumen dan target pasar dari suatu bisnis untuk mengenali merk, produk maupun jasa yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan.

Bisnis yang memiliki brand awareness kuat, akan lebih mampu mengungguli pesaing-pesaingnya. Penjualan akan meningkat seiring dengan masyarakat yang melakukan pembelian terhadap produk atau menggunakan jasa dari merek yang sudah mereka kenal.

Tips Meningkatkan Brand Awareness

Untuk meningkatkan brand awareness di tengah masyarakat, berikut tips-tips yang dapat dilakukan dengan perencanaan yang matang dan eksekusi yang baik:

  1. Membuat Nama, Logo dan Slogan Menarik

Membuat nama merek, logo dan juga slogan atau tagline dari merek tersebut adalah langkah untuk memulai strategi branding. Nama yang sederhana, unik namun mudah diucapkan akan lebih cepat diingat dan dikenal oleh banyak orang.

Pemilihan logo yang menarik perhatian, sederhana namun penuh makna dapat membuat masyarakat lebih mudah ngeh pada merek tersebut. Demikian pula dengan slogan ataupun tagline yang dipakai oleh suatu merek. Ketiga elemen ini tak terpisahkan saat membentuk branding di masyarakat.

  1. Mengoptimalkan Promosi Melalui Media Sosial

Pengguna media sosial sudah menyentuh angka 2,8 milyar, tak heran perusahaan menjadikan media sosial sebagai channel utama untuk melakukan promosi merek yang mereka miliki. Dengan melakukan promosi melalui media sosial, merek dapat menjangkau target pasar lebih luas secara cepat.

Berbagai platform yang tersedia pun bisa menjadi pilihan bagi sebuah merek untuk melakukan promosi sesuai dengan tujuan dan target pasarnya.

  1. Bekerja Sama dengan Figur Publik

Menggandeng influencer ataupun figur publik menjadi salah satu opsi yang dilakukan untuk memperkenalkan merek ke masyarakat. Baik influencer maupun figur publik biasanya memiliki tingkat interaksi yang baik, artinya mereka bisa memberikan pengaruh pada masyarakat.

Pengaruh yang mereka miliki dapat menjadi keuntungan suatu merek ketika bekerja sama dengan mereka. Kepercayaan masyarakat terhadap brand pun akan meningkat ketika masyarakat melihat influencer atau figur publik yang mereka ikuti menggunakan produk atau jasa merek tersebut.

  1. Membuat Konten Marketing yang Baik

Gencar melakukan promosi melalui media sosial dan bekerja sama dengan figur publik tak cukup untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap brand tanpa adanya konten yang dikemas dengan menarik. Oleh sebabnya, penting untuk membuat konten media sosial yang berkualitas.

Membuat konten yang edukatif, informatif, unik dan juga menghibur dapat menjadi salah satu cara agar masyarakat dapat mengenali dan mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai merek.

  1. Membuat Website

Tujuan dari pembuatan website ini tak lain dan tak bukan adalah sebagai bagian dari strategi branding. Datangnya pengunjung ke website yang dibangun sebuah perusahaan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap suatu merek.

Dengan mengoptimalkan SEO atau search Engine optimization, ketika orang melakukan pencarian dengan memasukkan kata kunci di mesin pencari, maka website perusahaan tersebut akan muncul di halaman pertama hasil pencarian.Kunci dari kesuksesan meningkatkan brand awareness adalah dengan promosi, campaign marketing dan menjaga loyalitas konsumen yang setia menggunakan produk atau jasa dari merek tersebut.

Share your love