Memperkuat UMKM dengan Strategi Digital untuk Menghadapi Ancaman Resesi Global

Share your love

Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani Indrawati memprediksi kondisi keuangan dunia akan mengalami resesi pada tahun 2023. 

Secara umum resesi adalah saat pertumbuhan ekonomi mengalami pertumbuhan negatif dalam dua kuartal berturut-turut. Saat resesi terjadi, hampir seluruh sektor bisnis dengan skala besar maupun kecil akan terkena dampaknya.

Dampak Resesi Bagi UMKM

Secara singkat dampak resesi ekonomi adalah penurunan pertumbuhan ekonomi yang membuat sektor riil menahan kapasitas produksi. Dampaknya akan meningkatkan kenaikan pemutusan hubungan kerja (PHK), penurunan upah, bahkan beberapa perusahaan mengalami kebangkrutan.

UMKM memiliki peran penting dalam menghadapi resesi global dikarenakan UMKM berkontribusi besar terhadap produk domestik bruto (PDB), penyerapan tenaga kerja, pasar potensial bagi industri jasa keuangan, cepat dalam membuka potensi pasar ekspor, serta menjadi penyerap kredit terbesar, menurut Sandiaga Uno (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif).

Di tengah dampak yang dapat ditimbulkan karena resesi, UMKM harus mengantisipasi dan mempersiapkan langkah tepat untuk bertahan menghadapi resesi, salah satunya melalui digitalisasi.

Digitalisasi dan penetrasi pasar global

Menteri Keuangan, Sri Mulyani mengungkapkan bahwa digitalisasi dapat menjadi salah satu kunci dalam mengembangkan UMKM. Jika nantinya pasar domestik mengalami penurunan, tentu diperlukan exit strategy yang ideal. Sebagai contoh, pasar global dapat dijadikan orientasi baru untuk UMKM melanjutkan geliat pertumbuhannya.

Namun, untuk saat ini tingkat literasi digital UMKM masih perlu ditingkatkan guna digitalisasi dapat dilakukan secara optimal. Selain itu, digitalisasi bisnis UMKM akan membantu meningkatkan efisiensi proses, konsistensi dan kualitas produk. Oleh karena itu, para pelaku UMKM harus mulai membangun sistem digital guna mencapai pasar global, seperti:

  1. Membangun website

Website dapat dibangun sesuai kebutuhan bisnis UMKM, apa yang ingin ditonjolkan baik itu produk, branding maupun keunggulan produk dibandingkan kompetitor. Sehingga, website dapat menjadi pilihan utama sementara berjualan dengan toko fisik menjadi pilihan alternatif.

Sebelum membuat sebuah website untuk bisnis UMKM, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti:

  • Memilih hosting web yang aman
  • Rancangan template dan desain
  • Pilih platform e-commerce yang ideal
  • Optimalkan website untuk search engine
  • Buat dan publikasikan konten berkualitas secara konsisten
  • Rencana pemeliharaan website
  1. Memaksimalkan marketplace

Melakukan penjualan lewat marketplace adalah upaya untuk menjangkau pembeli lebih luas dan meningkatkan penjualan. Berikut adalah tips-tips melakukan penjualan online pada marketplace yang perlu diketahui:

  • Memilih marketplace yang ideal untuk bisnis UMKM Anda
  • Lengkapi foto dan deskripsi produk
  • Rutin memberi promo dan gratis ongkir
  • Utamakan pelayanan yang ramah
  1. Mengoptimalkan sosial media

Media sosial dianggap sebagai media yang sangat efektif untuk meningkatkan konversi penjualan. Sebelum memulai pemasaran, ada baiknya untuk mengetahui strategi marketing dengan budget rendah melalui media sosial:

  • Menentukan media sosial utama
  • Strategi konten
  • Strategi promosi
  • Buat jadwal rutin
  • Jalin kedekatan dan komunikasi efektif dengan audiens
  1. Aktif dalam komunitas UMKM

Selain digitalisasi, komunitas UMKM juga mempunyai peranan penting untuk memperkuat bisnis UMKM. Komunitas UMKM dapat mempertemukan para pelaku UMKM ataupun dengan professional kewirausahaan dan lainnya.

Dengan komunikasi positif dan membangun, komunitas UMKM dapat menjadi sarana penyampaian ilmu dan wadah interaksi bagi para pelaku usaha untuk saling berkontribusi, menyampaikan pemikiran, dan berbagi pengalaman dalam membangun serta mengembangkan jaringan usaha. 
Dengan demikian, UMKM dapat berakselerasi untuk tumbuh dan tangguh dalam menghadapi ancaman resesi global.

Image by tirachardz on Freepik

Share your love