Pahami Pelanggan, Identifikasi Customer Segment, Relationship dan Channel

Share your love

Dalam menjalankan sebuah bisnis, dibutuhkan perencanaan bisnis yang kuat dan matang. Salah satu strategi bisnis yang penting adalah melakukan identifikasi customer segment. Ini merupakan bagian dari strategi marketing yang penting untuk menentukan target pasar dan pelanggan Anda.

Salah satu strategi bisnis yang banyak digunakan oleh perusahaan start up dan millennials saat ini adalah Business Model Canvas (BMC). Beberapa elemen yang terdapat di dalamnya antara lain customer segment, relationship dan channel.

Definisi Customer Segmentation

Strategi pemasaran dengan mengidentifikasi pasar dan memahami kebutuhan pelanggan akan memudahkan sebuah perusahaan dalam mempromosikan dan memasarkan produk atau jasa yang ditawarkannya.

Customer segmentation sendiri didefinisikan sebagai salah satu strategi marketing yang dilakukan dengan cara mengelompokkan target pelanggan sesuai dengan karakteristiknya masing-masing dan berdasarkan kategori tertentu.

Tujuannya adalah untuk melakukan campaign atau promosi pemasaran yang tepat sasaran sehingga tidak membuang-buang biaya dan waktu promosi yang tidak sedikit. Pengelompokkan bisa dilakukan dengan cara membuat beberapa kategori misal jenis kelamin, usia atau ketertarikan masyarakat dalam suatu kelompok yang ada di daerah atau kota tempat usaha Anda berada.

Melakukan Identifikasi Customer Segment

Pada praktiknya, segmentasi untuk customer bisa dibuat sesuai kebutuhan perusahaan, misalnya segmentasi berdasarkan jenis-jenis customer seperti di bawah ini:

  1. Demographic Segmentation

Segmentasi demografis ini dilakukan dengan mengelompokkan customer berdasarkan data-data kependudukan yang ada. Kategori yang bisa dibuat dari segmentasi customer ini adalah jenis kelamin, usia, pekerjaan, status, pendapatan dan lainnya.

  1. Geographic Segmentation

Berikutnya adalah segmentasi geografis yang dilakukan dengan membuat kelompok-kelompok customer berdasarkan tempat dan lingkungan tempat mereka tinggal. Dengan menggunakan identifikasi segmen seperti ini, sebuah bisnis bisa melakukan terobosan atau inovasi baru.

  1. Behavior Segmentation

Identifikasi customer segment berikutnya bisa dilakukan dengan melihat perilaku pelanggan pada saat berinteraksi dengan perusahaan atau brand atau jasa yang diberikan. Tujuan dari segmentasi pelanggan ini adalah untuk menganalisa perilaku yang kerap dilakukan oleh pelanggan.

  1. Benefit Segmentation

Pada saat melakukan segmentasi manfaat, hal yang akan dilihat adalah bagaimana penilaian customer terhadap manfaat yang didapatkan ketika menggunakan produk atau jasa yang diberikan perusahaan. Ini hanya bisa dilakukan untuk customer lama dan yang berlangganan.

  1. New Customer Segmentation

Segmentasi untuk pelanggan baru dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tren cara pembelian yang digunakan oleh masyarakat. Misalnya menggunakan marketplace yang mana, website resmi dan cara-cara pembelian lainnya.

  1. Regular Customer Segmentation

Anda bisa melakukan segmentasi pelanggan tetap ini dengan membuat kelompok pelanggan berdasarkan frekuensi pembelian produk atau jasa dan alasan pembeliannya.

Pentingnya Menjalin Customer Relationship

Elemen lain yang juga penting dalam business model canvas adalah menjalin dan menjaga interaksi dengan customer, baik pelanggan baru maupun pelanggan tetap.

Menjalin hubungan yang baik dengan customer bisa dilakukan dengan memahami berbagai karakteristik customer dan melayaninya sesuai kebutuhan setiap customer. Efek dari customer relationship yang baik adalah pelanggan yang setia dengan produk dari perusahaan Anda.

Memilih Channel yang Tepat

Salah satu elemen penting dalam business model Canvas terutama di era digital adalah channel (kanal atau saluran). Maksudnya di sini adalah media dan sarana yang digunakan untuk mempromosikan dan menjual produk atau jasa dari sebuah perusahaan.

Menggunakan channel yang tepat dapat membuat perusahaan mengenalkan produk atau jasa dan nilai yang ingin disampaikan pada customer dengan baik.

Channel ini bisa digunakan sebagai media untuk branding, memperkenalkan produk atau jasa ke target pasar dengan tujuan akhir meningkatkan sales.Dengan memahami pelanggan, melakukan identifikasi customer segment, menjalin customer relationship dan memilih channel yang tepat, Anda bisa mengembangkan bisnis dan meningkatkan penjualan dengan target yang tepat.

Share your love