Penjelasan Value Proposition dalam Dunia Bisnis: Elemen Penting agar Produk Dipilih Konsumen

Share your love

Berbagai upaya bisa dilakukan untuk memperlancar proses marketing, tidak terkecuali dengan melibatkan elemen value proposition. Dengan melibatkan elemen ini produk akan lebih mudah diidentifikasi oleh segmen pasar yang ditentukan perusahaan.

Salah satu yang bisa ditonjolkan dari elemen ini adalah keunggulan produk apabila dibandingkan dengan produk sejenis dari perusahaan lain. Tentu hal ini akan sangat menarik bagi para calon pengguna produk. Lantas seperti apa mekanisme penggunaan value proposition ini?

Memahami Value Proposition

Para ahli menyatakan value proposition merupakan nilai utama yang dijanjikan kepada para pelanggan saat membeli produk/jasa. Elemen value (nilai) ini merupakan jaminan dari apa yang akan didapatkan oleh pelanggan ketika membeli produk/jasa.

Elemen value sengaja disisipkan pada produk agar pembeli tidak ragu untuk memilih produk milik kita ketimbang milik kompetitor. Elemen ini juga masuk ke dalam ranah marketing dan banyak diadaptasi di berbagai strategi marketing perusahaan.

Nyatanya value proposition juga banyak disandingkan dengan tagline. Tagline sendiri adalah deskripsi singkat yang menggambarkan sebuah produk, tapi hanya terdiri dari beberapa kata saja. Padahal tagline dan value proposition punya fungsi yang agak berbeda. Value lebih berfokus pada kejelasan produk dan mengandung unsur persuasif. Sedangkan tagline lebih berbentuk kalimat singkat tentang promosi yang sedang diangkat dan tidak harus bersifat persuasif.

Cara Membuat Value Proposition

Value proposition hanya bisa dibuat dengan hati-hati, karena akan berkaitan langsung dengan citra perusahaan dan produk yang ditempeli elemen value tersebut. Agar tidak salah kaprah ada langkah-langkah tertentu yang harus dilakukan.

Umumnya value proposition merupakan tulisan singkat, pada dasarnya menjelaskan kenapa pelanggan membutuhkan produk yang sedang dijual. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan mempertimbangkan keberadaan tiga pertanyaan berikut:

  • Apa kelebihan produk yang ditawarkan pada pelanggan?
  • Apa manfaat dari penggunaan produk?
  • Kenapa mereka tidak bisa mendapatkan kelebihan dan manfaat yang sama dari perusahaan lain, sehingga harus memilih produk tersebut?

Setelah mempertimbangkan ketiga hal di atas, Anda nantinya bisa langsung membuat paragraf atau kalimat singkat yang memuat ketiganya. Pastikan tulisan memuat hal positif yang berkaitan dengan produk, dan lebih baik lagi bila berkaitan dengan perusahaan.

Nantinya kalau sudah selesai, kamu bisa menyisipkan elemen value proposition di kemasan produk atau menyelipkannya di iklan produk. Berbagai metode bisa dilakukan untuk menyertakan elemen ini sebagai bentuk strategi marketing.

Tips Membuat Value Proposition

Membuat value proposition untuk produk sebenarnya bisa dilakukan oleh siapa saja, baik orang yang berada dalam tim marketing atau bukan. Namun agar elemen value bisa lebih tepat dan sesuai dengan target, gunakan tips-tips di bawah ini:

1. Selipkan Visi Misi Perusahaan

Pertama kamu bisa menyelipkan visi dan misi perusahaan pada kalimat value proposition. Tidak hanya membuat value lebih menarik, hal ini juga bisa lebih meyakinkan calon pembeli.

2. Lakukan Riset Segmen Pasar

Jangan lupa untuk melakukan riset segmen pasar. Tentukan lokasi tempat produk akan dijual, seperti apa persona orang-orang di sana, lalu sesuaikan gaya penulisan agar mudah dimengerti dan menarik bagi calon pelanggan di tempat itu.

3. Analisis Kompetitor

Anda juga perlu menganalisis kompetitor, untuk menjadi bahan evaluasi value yang sudah kamu buat. Diharapkan hasil evaluasi tersebut dapat menambahkan daya saing dengan kompetitor.

4. Tunjukan Keunggulan Produk

Tips keempat adalah dengan menunjukkan keunggulan produk. Jangan ragu untuk menuliskan keunggulan yang tidak dimiliki produk lain.

5. Ikuti Tren

Terakhir, selipkan unsur-unsur yang sedang menjadi tren, seperti desain tulisan, warna hingga tatanan kalimat. Buat agar menarik tapi tetap menyesuaikan citra produk.Value proposition merupakan elemen penting agar produk dapat menarik perhatian calon pelanggan. Dengan memahami apa itu value proposition, cara pembuatan, serta tips-tips yang bisa dilakukan, buat value produk Anda menjadi lebih memuaskan!

Image by Lifestylememory on Freepik

Share your love