Apa Itu Marketing? Yakin sudah Paham? Simak Penjelasan Dasarnya Berikut!

Share your love

Kata ‘marketing’ mungkin sudah tidak asing di telinga tapi apakah kamu sudah yakin paham apa itu marketing? Walaupun berakar dari Bahasa Inggris, kata atau istilah marketing memang sudah lekat digunakan terutama dalam ranah bisnis Indonesia.

Namun tidak sedikit pengguna istilah ini yang belum paham makna sepenuhnya. Ketika ditanya apa itu marketing maka kebanyakan di antaranya malah kebingungan mencari definisinya. Agar tidak kebingungan, kamu bisa menggunakan definisi di bawah ini.

Apa Itu Bidang Marketing?

Marketing (pemasaran) adalah salah satu strategi atau cara yang digunakan untuk mengenalkan suatu produk perusahaan agar diketahui oleh pasar. Cara ini bisa digunakan oleh berbagai badan bisnis termasuk sektor bisnis usaha kecil dan menengah.

Mulai dari proses perancangan produk, strategi distribusi bahkan hingga proses mengiklankan sebuah produk bisa saja masuk dalam lingkup marketing. Sebelum melakukan marketing perlu melakukan kegiatan awal berupa analisis, riset pasar hingga pencarian data lainnya.

Pada bisnis profesional strategi bisnis bahkan digunakan untuk menjamin profit atau keuntungan jangka panjang hingga menjamin berbagai hal krusial lainnya. Mungkin kamu yang berminat bekerja dalam lingkungan marketing bisa mendapatkan nilai gaji yang cukup besar karena tenaga marketing banyak diperlukan saat ini.

Peran Utama Marketing

Lalu apa sebenarnya peran marketing secara spesifik? Peran banyak disandingkan dengan fungsi, karenanya peran berikut akan erat kaitannya dengan fungsi marketing saat dijalankan. Berikut 3 peran utama marketing.

1. Mengenalkan Produk Bisnis pada Pasar

Setelah mengenal apa itu marketing kamu juga perlu mengenal peran utama marketing, salah satunya sebagai media pengenalan produk bisnis. Baik dalam bentuk jasa maupun barang, marketing akan berperan sebagai pengenalan sekaligus penjelasan keunggulan dan fungsi produk pada pasar.

2. Meningkatkan Penjualan

Ada banyak cara yang bisa dilakukan marketing untuk melakukan meningkatkan penjualan. Ini karena marketing termasuk dalam strategi bisnis jangka panjang. Strategi marketing yang baik akan dapat membuat nilai penjualan meningkat baik sekarang maupun nanti.

3. Sebagai Langkah Persuasif untuk Mendukung Siklus Produk/Jasa

Tentu saja usaha untuk mengambil pasar produk seluas-luasnya tidak bisa dilakukan secara instan. Kamu perlu melakukan pendekatan (langkah persuasif) secara berkelanjutan dan terarah.

Jenis-Jenis Marketing

Sedikitnya terdapat 4 jenis marketing yang kini paling banyak digunakan. Untuk lebih memahaminya, simak pembahasan berikut ini.

1. Marketing SEO

Paling umum dan paling banyak digunakan yakni pengguna marketing jenis SEO atau (Search Engine Optimization). Jenis pemasaran ini memanfaatkan sistem optimasi dalam website agar produk yang ditawarkan muncul di tampilan paling awal mesin pencarian seperti Google.

2. Marketing Visual Grafis

Sudah umum sejak dulu dan masih bertahan sebagai salah satu jenis marketing yang paling banyak digunakan oleh banyak perusahaan UMKM. Tanpa perlu menggunakan sosok terkenal dan dana yang tinggi jenis marketing ini bisa berjalan dengan baik.

3. Marketing Media Cetak

Merupakan titik awal dimulainya marketing visual grafis, marketing media cetak hingga kini banyak digunakan dengan tujuan persuasif repetitif. Jadi bila kamu menemukan iklan bentuk tulisan tanpa visual yang bergerak-gerak maka pihak tersebut sedang menggunakan jenis marketing yang dulunya banyak ditemukan dalam media cetak.

4. Marketing Media Sosial

Jenis marketing ini biasa dilakukan dengan menyesuaikan segmentasi pasar produk dan jenis media sosial tertentu. Misalnya perusahaan dengan produk anak muda akan menyesuaikan menggunakan media sosial seperti Instagram sebagai media marketingnya.

5. Marketing Offline

Jenis marketing ini perlu memperhatikan demografi target pasar serta situasi dari lokasi yang ingin digunakan. Misalnya berpartisipasi dalam bazaar yang pasti akan dikunjungi target pasar, menyebarkan brosur di tempat target pasar berkumpul, memasang banner di area tinggal target pasar, dan sebagainya.Sudah paham apa itu marketing? Secara sederhana kamu bisa memahami penjelasan dasar di atas sebagai pegangan. Kamu juga bisa menggunakan salah satu dari jenis-jenis marketing di atas untuk melancarkan strategi pemasaran produk.

Share your love