Budget Marketing yang Minim? Simak Upaya Marketing dengan Menggandeng Nano Influencer

Share your love

Saat ingin menjalankan strategi Influencer Marketing kerap kali dikaitkan dengan budget yang besar. Lantaran, biaya yang dikeluarkan untuk satu buah postingan sosial media dapat berkisar hingga jutaan rupiah untuk satu influencer ternama. Namun, apabila budget marketing yang ingin dikeluarkan terbatas, nano influencer akan menjadi solusi yang menarik.

Istilah nano influencer mungkin masih terdengar cukup asing di telinga. Berbeda dengan jenis influencer ternama yang sering diketahui oleh banyak orang, nano influencer adalah seorang influencer yang memiliki 1000 sampai dengan 10.000 pengikut di media sosial. Dengan jumlah pengikut yang sedikit, nano influencer dapat lebih mengenal dan akrab dengan audiens sehingga tingkat kepercayaan audiens meningkat. Oleh karena itu, walau jangkauan dan pengaruhnya tidak terlalu besar, tetapi pengaruh yang diberikan kepada audiens cukup besar.

Bagi pelaku UMKM yang memasarkannya melalui marketplace, nano influencer merupakan strategi marketing yang tepat untuk mempromosikan produk dari toko online kamu. Sebagai contoh, seorang tiktok influencer yang senang mendekorasi kamar menggunakan produk dari toko online kamu, atau seorang YouTuber yang gemar melakukan product reviews setelah membeli barang di sebuah marketplace.

Dikutip dari Metricool, nano influencer dibagi menjadi dua tipe, yaitu:

  1. Native nano influencer

Native nano influencer adalah seseorang yang membangun karir influencer dari nol. Mereka awalnya tidak populer di media sosial tetapi seiring dengan terus membagikan konten yang berkualitas, kepopulerannya pun turut meningkat.

  1. Non-Native nano influencer

Non-native nano influencer adalah seseorang yang sudah memiliki popularitas sebelumnya, dengan kata lain mereka sudah memiliki komunitas yang terus berkembang sebelumnya seiring dengan konten yang mereka bagikan.

Jika dilihat dari jumlah pengikutnya, nano influencer dapat dibilang memiliki pengikut yang kecil jika dibandingkan dengan influencer ternama, namun nano influencer tetap berpotensi sebagai upaya marketing dari bisnismu. Bahkan, nano influencer memiliki kelebihan yang tidak dimiliki influencer ternama.

Berikut adalah kelebihan yang dimiliki oleh nano influencer:

  • Target audiens yang beragam

Saat menggunakan nano influencers, sebuah bisnis biasanya merekrut banyak orang sekaligus. Hal tersebut dilakukan karena dapat menjangkau audiens yang beragam. Pasalnya, setiap nano influencer memiliki karakteristik tersendiri. Dengan demikian, setiap akun memiliki audiens yang berbeda dari segi minat, kegemaran, behavioral dan lain sebagainya.

  • Audiens mudah terpengaruh

Dengan pengikutnya yang sedikit, seorang nano influencer biasanya memiliki pengikut dari orang-orang terdekatnya. Seperti dikutip dari survei Social Media Today, 60% orang menunjukkan bahwa ulasan dari orang terdekat akan lebih mempengaruhi keputusan mereka dalam membeli suatu produk.

  • Engagement rate yang tinggi

Berdasarkan data HypeAuditor, engagement rate (metrik dasar untuk mengukur kinerja sebuah akun/konten pada platform sosial media) nano influencer dapat lebih tinggi daripada jenis influencer lain.

  • Biaya lebih rendah

Dikarenakan jumlah pengikutnya yang paling kecil, tarif seorang nano influencer masih rendah. Di sisi lain, ini adalah suatu kelebihan karena sebagai pihak brand dapat lebih hemat dalam mengeluarkan budget marketing.

Di luar hal tersebut, nano influencer juga memiliki beberapa kekurangan seperti jumlah audiens yang sedikit sehingga menyebabkan jangkauan audiens yang lebih kecil. Selain itu, karena nano influencer adalah seseorang yang baru memulai karir sebagai influencer, maka dalam hal produksi konten masih diiringi dengan segala keterbatasan.

Namun, dengan biaya yang terbilang rendah, nano influencer dapat menjadi pilihan yang ideal untuk pelaku UMKM. Beberapa bisnis yang cocok untuk dipromosikan dengan menggandeng seorang nano influencer antara lain adalah fashion, makanan ringan, frozen food dan kebutuhan rumah tangga.
Melakukan kerja sama ataupun kolaborasi dengan nano influencer merupakan salah satu cara marketing yang paling efektif di era digital ini. Namun, sebelum menjalin kerjasama dengan nano influencer sebagai upaya marketing bisnismu, pastikan bahwa brand dan influencer yang Kamu pilih benar-benar relevan supaya tepat sasaran, ya!

Share your love