Kenali Key Resources, Key Activities, dan Partners dalam Business Model Canvas

Share your love

Ada tiga istilah yang mirip dalam business model canvas, key resources (sumber daya), key activities (kegiatan utama), dan key partners (mitra utama). Key resources sendiri adalah satu dari 9 elemen dalam business model canvas yang harus dioptimalkan untuk menunjang performa bisnis.

Setiap elemen dalam business model canvas berkesinambungan dan saling terkait satu dengan lainnya. key resources sendiri adalah bagian yang sangat penting dalam suatu bisnis untuk bisa menjangkau pasar dengan strategi-strategi yang diterapkan.

Ketahui Perbedaan Key Resources, Key Activities, dan Key Partners

Meskipun istilah ketiganya terdengar mirip, namun pengertian dan penerapannya dalam sebuah bisnis sangatlah berbeda. Berikut adalah perbedaan antara key resources, key activities dan key partners:

  1. Key Resources

Key resources adalah sumber daya yang dibutuhkan agar bisnis dapat berjalan dengan efektif. Sumber daya ini terbagi-bagi menjadi:

  • Aset. Bisa berupa barang atau fasilitas suatu usaha, misalnya gedung, mesin, kendaraan, pabrik dan lainnya.
  • Sumber Daya Manusia. SDM berupa manusia yang bekerja untuk perusahaan.
  • Financial. Berupa sumber-sumber keuangan yang digunakan untuk mendanai sebuah perusahaan, misalnya saham, obligasi, dan bisnis aset lainnya.
  • Hak kekayaan intelektual. Sumber daya ini meliputi merk atau brand, segala informasi yang berkaitan dengan perusahaan, copyright (hak cipta) dan hak paten.
  1. Key Activities

Definisi dari key activities adalah semua kegiatan yang berhubungan langsung dengan operasional suatu perusahaan. Hasil dari operasional tersebut bisa berupa barang/produk atau jasa. Key activities ini memiliki fokus pada kegiatan bisnis apa saja yang dilakukan.

Adapun tujuan dari key activities adalah untuk menghasilkan value proposition (proposisi nilai), elemen lain dari business model canvas. Terdapat tiga kategori yang menggambarkan key activities yakni :

  • Pengembangan produk
  • Promosi
  • Platform
  1. Key Partners

Untuk mengembangkan bisnis menjadi lebih baik lagi, dibutuhkan pihak-pihak yang bisa diajak bekerja sama untuk bersinergi dan mengoptimalkan potensi bisnis yang ada saat ini. Pihak-pihak yang bekerja sama dengan perusahaan tersebut disebut dengan key partners.

Adanya key partners yang baik dapat membentuk suatu siklus dan atmosfer bisnis yang lebih stabil. Tentunya partner atau mitra yang baik adalah yang bisa memberikan dampak berupa kemajuan untuk bisnis yang dijalankan.

Ciri-ciri dari key partner yang baik dan sehat adalah sebagai berikut:

  • Bisa Dipercaya

Kepercayaan menjadi modal yang sangat penting dan harus dijaga dalam sebuah hubungan kerjasama bisnis. Kepercayaan tidak bisa dibangun dalam sekejap namun memerlukan proses dan pembuktian yang tidak sebentar.

Cara menjaga kepercayaan ini bisa dilakukan dengan berbagai hal seperti menjaga kualitas dari produk yang dibutuhkan oleh mitra perusahaan dan sebaliknya.

  • Berpengalaman

Key partner yang baik yang bisa Anda pilih adalah mitra yang sudah berpengalaman dalam bidangnya. Hubungan bilateral yang terjalin dengan mitra yang berpengalaman juga bisa mengangkat nama perusahaan Anda karena bekerjasama dengan pihak yang memiliki jam terbang tinggi.

  • Tanggung Jawabnya Berimbang

Sebuah perusahaan tentu memiliki tanggung jawab tersendiri sesuai dengan bidang yang ditekuninya. Mitra atau perusahaan partner yang baik adalah yang memiliki tanggung jawab berimbang dengan perusahaan Anda.

Sebagai contoh, Anda memiliki bisnis kedai es krim maka mitra Anda yang merupakan pemasok bahan baku memiliki tanggung jawab untuk memenuhi target bahan baku yang dibutuhkan agar bisnis Anda dapat terus berjalan.Demikian penjelasan mengenai tiga istilah yang mirip-mirip dalam business model canvas, key resources, key activities dan key partners. Ketiganya memegang peranan penting yang harus dioptimalkan oleh perusahaan, sehingga Anda harus benar-benar memperhatikan elemen-elemen tersebut.

Share your love