Mengenal Definisi Strategi Branding, Manfaat dan Elemen di Dalamnya

Share your love

Brand adalah sebuah identitas yang diberikan perusahaan pada produk atau layanan jasa yang ditawarkan. Sebuah brand akan lebih cepat dikenal jika menggunakan strategi branding yang baik dan tepat.

Brand hadir di tengah-tengah masyarakat dengan tujuan agar mudah dikenal dan mendapatkan tempat serta kepercayaan dari para konsumennya. Oleh karenanya, mempelajari berbagai jenis strategi branding dan menemukan yang cocok dapat membuat citra brand menjadi lebih kuat.

Strategi Branding

Di bawah ini akan dijelaskan berbagai hal terkait strategi branding mulai dari definisi dan tujuan, manfaat serta elemen-elemen terkaitnya:

  1. Definisi

Diartikan sebagai sebuah cara yang digunakan untuk membuat brand menjadi lebih dikenal oleh masyarakat. Cara-cara yang dilakukan ini bertujuan untuk mengkomunikasikan hal-hal terkait brand ke masyarakat umum.

Strategi ini bisa dikatakan juga sebagai salah satu teknik pemasaran. Tujuan dari strategi ini bukan hanya untuk membuat brand lebih dikenal tapi juga memiliki tujuan jangka panjang untuk keberlangsungan brand itu sendiri.

  1. Manfaat

Manfaat yang didapatkan oleh suatu perusahaan atau bisnis ketika menerapkan strategi ini dengan baik dan konsisten adalah sebagai berikut:

  • Menegaskan unique selling point (USP atau keunikan nilai jual) yang dimiliki brand dan tidak dimiliki oleh pesaingnya.
  • Membangun hubungan khusus secara emosional terhadap pelanggan
  • Menjelaskan visi, misi, tujuan dan informasi lain terkait brand ke masyarakat luas sehingga masyarakat mengetahui lebih dalam mengenai brand
  • Memberikan pemahaman yang sama pada setiap individu terhadap brand tersebut
  1. Elemen-elemen

Dalam strategi branding, terdapat elemen-elemen penting yang berhubungan persona suatu brand:

  • Nama Brand

Nama brand haruslah dibuat agar masyarakat yang mendengarnya mudah mengingat dan hapal dengan nama tersebut. Nama brand akan memberikan citra bagi sebuah brand dan akan melekat di masyarakat. Pastikan pemilihan nama brand sudah dipikirkan secara matang.

  • Logo

Setelah nama, elemen dalam branding berikutnya adalah logo. Logo biasanya dibuat dengan filosofi-filosofi tertentu. Ini bisa dibuat dengan sederhana, visual menarik, tapi tetap penuh makna.

Masyarakat terutama target pasar yang mengingat logo brand dengan baik mengindikasikan strategi yang dilakukan sudah cukup baik untuk meningkatkan kesadaran pasar terhadap brand.

  • Visi dan Misi

Visi dan misi merupakan hal dasar yang harus dipikirkan pada saat memulai bisnis. Sebuah bisnis haruslah bisa menjawab tantangan yang ada saat ini, juga menjadi solusi dari permasalahan yang dihadapi masyarakat.

Tanpa adanya visi dan misi yang jelas, kemungkinan besar sebuah bisnis tidak akan memiliki jati diri dan mudah goyah di tengah perjalanan.

  • Jargon

Jargon bisa berupa kalimat singkat, lagu singkat, atau slogan yang dibuat agar masyarakat dan target pasar mengerti seperti apa solusi yang ditawarkan melalui produk atau jasa dari perusahaan.

  • Fleksibilitas

Elemen yang tak kalah penting dalam strategi untuk branding ini adalah adanya fleksibilitas. Maksud dari fleksibilitas di sini adalah adaptasi yang bisa dilakukan terhadap segala perubahan pasar yang terjadi. 

Dengan adanya fleksibilitas, perubahan atau perkembangan pun akan mudah dilakukan dan diterima oleh jajaran pengelola bisnis.

  • Menjaga Loyalitas dengan Konsumen

Elemen berikutnya yaitu menjaga loyalitas. Ini dilakukan dengan menjaga hubungan yang positif dan harmonis dengan masyarakat, terutama target pasar dan pengguna produk atau jasa dari suatu bisnis. Ada banyak cara yang bisa dilakukan, contohnya adalah dengan program keanggotaan atau hadiah-hadiah.Menerapkan strategi branding bisa melalui berbagai macam cara. Beberapa di antaranya adalah branding produk, branding personal, branding perusahaan, branding lokasi dan co-branding, atau melakukan strategi branding bersama perusahaan lain. Penerapan strategi dengan baik dan berkelanjutan akan memberikan dampak nyata bagi bisnis dan perusahaan.

Share your love