Yuk, Simak Cara Meningkatkan Potensi Penjualan Bisnismu dengan Menggunakan QRIS!

Share your love

Quick Response Code Indonesian Standard atau biasa disebut sebagai QRIS, merupakan standar kode QR nasional untuk memfasilitasi pembayaran menggunakan kode QR di Indonesia yang telah diluncurkan secara resmi oleh Bank Indonesia (BI).

Sejak peluncurannya hingga saat ini, pembayaran transaksi dengan QRIS sudah mulai marak digunakan, terutama di daerah perkotaan. Seluruh aplikasi pembayaran dari Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) baik bank maupun non-bank dapat digunakan di seluruh toko, cafetaria, warung, tiket wisata, donasi bahkan parkir dengan QR berlogo QRIS.

Dengan adanya QRIS, hal ini tentu cukup menguntungkan pihak konsumen karena kemudahan dalam melakukan pembayaran, hal ini didukung oleh prinsip cashless (pembayaran tanpa uang tunai) dan mudahnya penggunaan smartphone untuk melakukan transaksi.

Selain sifatnya yang menguntungkan pihak konsumen, QRIS juga mempermudah bagi para pemilik bisnis terutama para pelaku UMKM. Penggunaan QRIS ini bisa dijadikan bentuk digitalisasi UMKM. Dengan tujuan utama untuk menciptakan sistem pembayaran yang efektif dan efisien.

Lalu, apa lagi manfaat dari penggunaan QRIS bagi bisnis UMKM Anda?

Meningkatkan potensi penjualan
Menjadi salah satu strategi marketing yang optimal untuk meningkatkan potensi penjualan. Dengan beralih menggunakan QRIS, bisnis UMKM Anda akan menawarkan lebih banyak alternatif pembayaran. Mulai dari pembayaran konvensional, debit/kredit hingga digitalisasi yang diterapkan dalam bentuk sistem QRIS. Sehingga customer diberikan kenyamanan dan keleluasaan dalam melakukan pembayaran.

Meningkatkan branding dan citra usaha
Dengan digitalisasi yang diterapkan pada sistem pembayaran transaksi, hal ini dapat meningkatkan branding dan citra usaha yang cakap dalam beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan tentunya kekinian. Penerapan sistem QRIS dapat mempermudah transaksi karena Anda tidak perlu menyediakan banyak QR Code untuk menerima pembayaran. Cukup membutuhkan 1 QR Code dari QRIS dan bisnis Anda dapat menerima pembayaran dari berbagai platform yang berbeda.

Mempermudah pemantauan dan analisis keuangan bisnis
Dalam hal administrasi, hal ini dapat mempermudah rekonsiliasi dan berpotensi mencegah tindak kecurangan dalam melakukan pembukuan. Dengan menawarkan sistem pembayaran digital melalui QRIS, Anda dapat memantau transaksi secara real time (waktu nyata, alias pada momen ketika transaksi berlangsung). Kemudahan dalam pembukuan manual dapat terjawab karena semua transaksi terekam otomatis pada sistem.

Meningkatkan keamanan dari peredaran uang palsu
Selain hal-hal diatas, QRIS juga dapat membuat Anda mencegah peredaran uang palsu. Dengan menerapkan QRIS, masyarakat didorong untuk lebih mengutamakan pembayaran secara digital daripada pembayaran konvensional sehingga Anda sebagai pemilik bisnis dapat terhindar dari peredaran uang palsu.

Dengan demikian, penggunaan QRIS dapat memberikan manfaat yang luar biasa untuk bisnis Anda. Namun, masih terdapat pelaku UMKM yang belum menggunakan QRIS dan belum menerapkan digitalisasi UMKM pada bisnisnya.

Tentu Anda tidak ingin melewatkan semua manfaat yang diberikan, bukan? Yuk, simak langkah-langkah untuk membuat QRIS bagi merchant (pedagang) yang dikutip langsung dari laman Bank Indonesia (BI):

Jika belum memiliki account (akun), buat terlebih dahulu dengan datang ke kantor cabang atau mendaftar secara daring pada salah satu PJSP penyelenggara QRIS yang terdaftar.
Lengkapi data usaha dan dokumen yang diminta oleh PJSP tersebut.
Tunggu proses verifikasi, pembuatan Merchant ID, dan pencetakan kode QRIS oleh PJSP.
PJSP akan mengirimkan stiker QRIS.
Unduh aplikasi merchant QRIS.
PJSP akan melakukan edukasi kepada merchant mengenai tata cara menerima pembayaran.

Demikian informasi lengkap mengenai QRIS, mulai dari pengertian, manfaat penggunaanya hingga cara membuat QRIS. Dalam membangun usaha yang sukses perlu untuk terus mengikuti dinamika perubahan yang ada, sayang banget kalau bisnis Anda sudah bagus namun belum didukung oleh sistem pembayaran yang update, jadi jangan sampai ketinggalan untuk menggunakan QRIS, ya!

Share your love