Aset Fundamental dalam Branding dan Marketing

Share your love

Dalam membangun bisnis, branding dan marketing merupakan hal yang tak bisa lepas dari strategi perusahaan. Membangun brand membuat bisnis semakin kuat dan dikenal oleh masyarakat. Sementara strategi marketing membuat bisnis berkembang dengan baik dengan meningkatnya penjualan.

Branding dan marketing sendiri merupakan dua hal yang berbeda namun berkaitan dalam dunia bisnis. Pada keduanya, terdapat unsur-unsur yang menjadi aset fundamental agar strategi branding dan juga marketing bisa berjalan dengan baik.

Mengenal Branding dan Marketing serta Aset Fundamentalnya

Branding

Branding berasal dari kata ‘brand’. Kata ini dikenal sejak abad ke-19, digunakan untuk merujuk pada sesuatu yang dicap atau ditandai. Di zaman modern seperti sekarang, brand digunakan untuk menunjukkan sebuah identitas dari seseorang, tempat dan produk.

Unsur-unsur dalam Branding

Dalam strategi branding terdapat unsur-unsur selain nama brand itu sendiri. Berikut unsur-unsur yang menjadi aset fundamental dalam branding:

  1. Nama Brand

Unsur penting yang harus ada dalam branding adalah nama brand. Ini merujuk pada identitas yang membuatnya lebih mudah dikenal oleh masyarakat.

  1. Logo

Setiap bisnis akan membuat sebuah logo yang paling ikonik dan menggambarkan identitas brand tersebut. Logo yang unik dan menarik perhatian biasanya akan lebih menempel di kepala masyarakat, membuat logo tersebut mudah diingat.

  1. Tampilan Visual

Bisa berupa desain dari bermacam-macam produk atau jasa yang ditawarkan atau seragam karyawannya. Tampilan visual ini menggambarkan citra dari brand di masyarakat.

  1. Juru Bicara

Merupakan seorang yang ditunjuk sebagai maskot dari brand yang ditampilkan. Bisa dari pendiri bisnis itu sendiri atau tokoh terkenal yang ditunjuk dan dipercaya bisa meningkatkan branding suatu produk atau jasa yang ditawarkan.

  1. Suara

Menampilkan suara berupa lagu tematik atau bunyi nada yang khas akan menambah nilai branding itu sendiri. Alasannya, orang akan lebih mudah mengenali brand Anda ketika mendengar lagu atau nada tematik tersebut.

  1. Kata-kata

Kata-kata yang dimaksud bisa berupa slogan, tagline atau jingle. Kata-kata khusus yang menarik dan unik pasti akan meninggalkan kesan bagi siapapun yang membaca atau mendengarnya. Tipsnya adalah menggunakan padu padan kata yang pas dan mengandung arti positif.

Marketing

Seperti yang dikatakan di atas, branding dan marketing adalah satu paket dalam membangun bisnis. Setelah mengetahui sekilas mengenai branding dan unsur-unsur yang menjadi aset fundamentalnya, sekarang saatnya Anda juga paham mengenai marketing dan aset fundamentalnya.

Marketing adalah suatu kegiatan yang merupakan bagian dari strategi bisnis, untuk mengkomunikasikan, memberikan informasi, dan menawarkan produk baik barang maupun jasa dari sebuah perusahaan. Tujuan akhir dari kegiatan ini tentu saja untuk meningkatkan penjualan bisnis.

Unsur-unsur dalam Marketing

Sama halnya dengan branding, marketing pun memiliki unsur-unsur penting yang menjadi aset fundamental untuk strategi bisnis:

  1. Product

Product atau produk adalah unsur penting yang harus ada agar strategi marketing bisa berjalan. Buatlah produk atau jasa yang dapat memenuhi kebutuhan banyak masyarakat. Jangan sampai produk yang dihasilkan hanya mengikuti tren semata tanpa dilakukan analisa pasar lebih dalam.

  1. Price

Price atau harga sebuah produk/jasa yang ditawarkan adalah faktor penentu konsumen akan membayar untuk mendapatkannya. Lakukan survei pasar terlebih dahulu sebelum ketok palu untuk menentukan harga.

  1. Place

Tujuan dari unsur ini adalah untuk mempermudah calon konsumen dalam menemukan tempat Anda. Oleh sebabnya, place atau lokasi menjadi aset fundamental yang penting dalam perkembangan bisnis.

  1. Promotion

Terakhir adalah bagaimana Anda lakukan promotion atau promosi untuk memasarkan produk/jasa yang ditawarkan. Seorang marketer atau pelaku pemasaran memegang tanggung jawab terbesar untuk melakukan promosi ini.

— — —

Sekian informasi seputar aset-aset fundamental dalam branding dan marketing. Namun untuk menjaga performa bisnis Anda tetap optimal, jangan lupa lakukan evaluasi. Lakukanlah evaluasi secara berkala untuk memantapkan strategi yang akan dijalankan selanjutnya. Apabila dijalankan dengan baik dan konsisten, strategi branding dan marketing dapat membuat bisnis Anda semakin bertumbuh dan berkembang.

Share your love