Berhitung dengan Cost Structure dan Revenue Streams

Share your love

Komponen-komponen penyusun yang dibutuhkan untuk operasional bisnis, biasanya tertuang pada sebuah model bisnis. Salah dua di antaranya adalah cost structure (struktur biaya) dan revenue streams (aliran pendapatan). Dua komponen ini terdapat pada business model canvas (BMC).

Cost structure merupakan elemen yang perlu diperhatikan untuk menghindari dan meminimalisir kerugian. Sedangkan, revenue streams dibutuhkan agar perusahaan memiliki pemasukan yang dimiliki 100% oleh perusahaan.

Cost Structure

Dalam bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai struktur biaya. Cost structure didefinisikan sebagai rincian biaya yang dibutuhkan oleh perusahaan untuk menjalankan elemen bisnis lainnya, yakni key activities (aktivitas utama) guna menghasilkan value proposition (proposisi nilai).

Berhitung dengan cost structure dapat dilakukan dengan melakukan penggolongan struktur biaya, sesuai dengan kebutuhan pengeluaran yang sudah dibuat daftarnya terlebih dahulu. Ada beberapa kategori yang dapat Anda gunakan pada saat menghitung cost structure:

  1. Biaya Tetap

Biaya tetap adalah biaya yang akan dikeluarkan secara teratur dan kecil kemungkinan mengalami fluktuasi dari waktu ke waktu. Contoh dari biaya tetap yang dikeluarkan sebuah perusahaan misalnya sewa gedung atau bangunan, pajak properti, dan tenaga kerja.

  1. Biaya Operasional

Biaya operasional disebut juga dengan biaya variabel. Besarnya biaya yang harus dikeluarkan untuk biaya operasional ini sering kali tidak menentu dan perubahannya terjadi sesuai dengan jumlah yang dihasilkan oleh perusahaan.

Contoh dari biaya operasional ini adalah biaya pemasaran, biaya lemburan, bonus atau komisi.

  1. Biaya Investasi

Adalah biaya yang harus dikeluarkan di awal sebagai modal untuk menjalankan bisnis dalam suatu perusahaan. Biaya investasi ini contohnya adalah biaya pembelian mesin dan fasilitas produksi perusahaan.

Perhitungan cost structure didasarkan pada penentuan struktur biaya, mengetahui dan menetapkan sasaran laba atau profitabilitas, memperhatikan hal-hal yang menjadi pemicu timbulnya biaya dan melihat hubungan biaya, profitabilitas dengan harga yang sudah ditetapkan.

Revenue Streams

Komponen penyusun operasional bisnis berikutnya yang digambarkan dalam business model canvas adalah revenue streams. Dengan hadirnya komponen ini, Anda dapat melihat bagaimana perusahaan menghasilkan uang dan dari mana saja sumber pendapatannya.

Ada dua jenis revenue streams yang umum ditemukan dalam dunia bisnis, transaction revenue (pendapatan dari transaksi), recurring revenue (pendapatan berulang). Berikut adalah penjelasan dari keduanya:

  1. Transaction Revenue

Transaction revenue terjadi ketika perusahaan mendapat pemasukan dari adanya transaksi jual beli sekali bayar yang dilakukan oleh konsumen. Pada jenis ini, aliran dana yang diperoleh dari perusahaan berasal langsung dari konsumen yang membeli barang atau menggunakan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan.

  1. Recurring Revenue

Hampir mirip dengan transaction revenue, recurring revenue merupakan penghasilan yang diperoleh oleh perusahaan dari hasil penawaran barang atau jasa yang dimiliki oleh perusahaan. Bedanya, pada recurring revenue perusahaan akan mendapatkan pemasukan berkelanjutan.

Contohnya ketika ada konsumen yang membeli barang dengan metode pembayaran kredit, atau contoh lain ketika perusahaan menyewakan asetnya pada konsumen sehingga perusahaan mendapatkan pemasukan setiap bulannya.

Contoh elemen ini yang sering kali ditemukan pada kehidupan sehari-hari, misalnya sales atau penjualan produk, dana hibah, biaya pelayanan, lisensi seperti hak paten, cabang bisnis baru dan franchise atau waralaba.

Elemen ini termasuk penting bagi perusahaan. Fungsi yang mendukung operasional perusahaan misalnya menarik minat investor, memastikan bisnis berjalan dengan baik dan lancar, menjadi strategi bisnis, dan penghasilan yang jelas sumbernya.

Sekian informasi mengenai dua elemen penting dalam business model canvas. Setelah mengetahui bagaimana berhitung dengan cost structures dan revenue streams, harapannya Anda semakin memiliki gambaran membuat business model canvas dengan baik.

Share your love