Keterkaitan Antara Media Promosi, Brand Awareness dan Marketing of Sales

Share your love

Dalam dunia bisnis, Anda akan mengenal beberapa istilah seperti media promosi, brand awareness (kesadaran terhadap brand) dan marketing of sales (pemasaran penjualan). Ketiga istilah ini merupakan aspek-aspek yang harus diterapkan dengan baik agar bisnis bisa berkembang dan menjangkau lebih banyak masyarakat.

Mengenal Media Promosi

Media promosi merupakan sebuah sarana yang mendukung aktivitas promosi, yakni mengenalkan produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan pada masyarakat. Promosi sendiri merupakan kegiatan komunikasi yang dilakukan perusahaan pada konsumen untuk memberikan informasi seputar produk atau jasa.

Ada dua jenis media pemasaran yang bisa dilakukan, pertama adalah pemasaran daring (online) dan yang kedua secara luring (offline). Belakangan ini, seiring berkembangnya era digital, pemasaran daring dinilai lebih efektif dan hemat dibandingkan dengan pemasaran luring.

Anda sebagai pebisnis harus menentukan target pasar terlebih dahulu sebelum memilih media daring yang cocok untuk promosi produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan Anda. Sebab, tiap media memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Adapun manfaat sebuah perusahaan menggunakan media pemasaran daring adalah untuk:

  • Membangun dan menarik minat calon pelanggan
  • Memperluas jangkauan pemasaran
  • Menemukan target pasar yang tepat, bersaing dengan kompetitor
  • Meningkatkan jumlah sales atau penjualan

Mengenal Brand Awareness

Brand awareness merujuk pada istilah yang digunakan untuk memberi gambaran sejauh atau sedekat apa sebuah merek atau brand dikenal oleh konsumennya. Brand awareness ini tak lepas dari media yang digunakan untuk mempromosikan brand tersebut.

Brand awareness adalah elemen penting dalam suatu bisnis. Dikatakan penting karena dengan akrabnya sebuah brand di tengah masyarakat, brand tersebut akan mudah mendapatkan kepercayaan dari masyarakat.

Contohnya saja pada saat memilih sebuah produk, apakah Anda akan memilih produk yang brand-nya sudah dikenal dengan baik atau pendatang yang baru terdengar namanya? Sebagian besar masyarakat akan mempercayakan pilihannya pada brand yang sudah dikenal.

Beberapa cara yang dilakukan perusahaan untuk meningkatkan brand awareness:

  1. Mengoptimalkan media sosial dan website

Media sosial merupakan bagian dari pemasaran daring yang lebih disukai karena banyaknya pengguna media sosial saat ini. Dengan mengoptimalkan fungsi dari media sosial maupun website, Anda bisa meningkatkan brand awareness suatu produk.

  1. Menggandeng Influencer atau Tokoh Terkenal

Menggandeng influencer maupun tokoh ternama sebagai KOL bisa juga menjadi jalan untuk meningkatkan brand awareness, serta kepercayaan publik terhadap produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Mengenal Marketing of Sales

Aktivitas marketing of sales atau sales marketing ini merupakan pekerjaan yang membutuhkan kemampuan komunikasi yang mumpuni. Pasalnya tugas dari sales marketing ini adalah untuk berinteraksi dengan konsumen, memberikan informasi seputar produk atau jasa yang ditawarkan.

Ketika aktivitas marketing of sales ini dilakukan, seseorang yang bertugas untuk menyampaikan informasi pada pelanggan haruslah memiliki pengetahuan yang mumpuni tentang produk, alias yang sudah hapal semua informasi produk di luar kepala. Mereka harus bisa memahami seperti apa kelebihan dan kekurangan dari produk atau jasa yang ditawarkan.

Selain itu, tugas dari sales marketing adalah untuk bisa mencari solusi dari berbagai penolakan yang diterimanya. Mereka bisa melakukan analisis dan tinjauan agar bisa melakukan komunikasi dengan cara yang lebih baik dan menarik lagi untuk calon pelanggan.

Marketing of sales ini juga bisa dilakukan dengan membuat konten interaktif dengan audiens yang menjadi target market. Tentunya ini berhubungan lagi dengan media apa yang akan digunakan, dan tak lepas juga dari tujuan untuk meningkatkan brand awareness.

Dengan memahami definisi dan cara kerja ketiga aspek tersebut, bisa terlihat bahwa media promosi akan memberikan pengaruh terhadap brand awareness yang selanjutnya berhubungan juga dengan marketing of sales. Oleh sebabnya, ketiga aspek ini sangat terkait dan saling berkesinambungan.

Memahami media promosi, brand awareness dan marketing of sales dapat membuat bisnis Anda semakin maju dan berkembang. Media promosi membuat produk/jasa Anda makin dikenal, sementara brand awareness membuat bisnis Anda yang makin dikenal. Keduanya dapat meningkatan penjualan yang terjadi lewat aktivitas marketing of sales. Jadi selalu perhatikan ketiga aspek tersebut ya!

Share your love