Kunci Sukses UMKM Memaksimalkan E-commerce, Apa Saja?

Share your love

Kehadiran e-commerce di Indonesia tidak hanya mempermudah para pelanggan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, di sisi lain e-commerce juga menjadi peran penting bagi kemajuan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia.

Bagi UMKM, memaksimalkan e-commerce dapat menguntungkan bisnis dari berbagai sisi, terutama bagi yang baru dalam merintis sebuah bisnis. E-commerce dapat membantu dalam mengurangi biaya operasional, termasuk menyewa tempat bisnis, etalase produk, hingga strategi pemasaran dan logistik.

Selain alasan tersebut, sebagai sebuah bisnis tentu memiliki alasan yang beragam dalam memilih suatu platform e-commerce termasuk seperti promo dan keuntungan yang diberikan. Fitur pemasaran yang ditawarkan seperti gratis ongkir, diskon, cashback, metode pembayaran yang beragam dan aplikasi yang nyaman serta mudah dioperasikan. 

Dalam beberapa pengalaman, ada beberapa kunci dalam mengembangkan bisnis online menggunakan e-commerce. yuk mari kita simak selengkapnya.

  • Media sosial untuk membangun basis pelanggan dan mendorong kunjungan ke toko

Media sosial adalah sebuah platform yang kuat bagi penjual untuk menghidupkan brand dan produk. Melalui media sosial, sebuah brand berpotensi menjangkau hingga jutaan audiens sehingga dapat menjadi pendorong kunjungan ke toko online dan e-commerce bisnis Anda.

  • Merespon tren ritel secara cepat untuk mendorong penjualan

Dalam e-commerce, bisnis yang dapat beradaptasi dan mengidentifikasi peluang serta memanfaatkan tren akan berpotensi meningkatkan pendapatan penjualan, sekaligus pengalaman pelanggan.

  • Bereksperimen dengan mega promo, voucher, diskon dan gratis ongkir

Marketing e-commerce adalah praktik penggunaan promosi untuk meningkatkan kunjungan ke dalam toko online dan mengubahnya menjadi transaksi pembelian, serta menjaga mereka untuk tetap kembali ke toko Anda jika ingin membeli produk yang sebelumnya sudah pernah mereka beli. Menawarkan banyak diskon kepada pelanggan akan sangat membantu membangun loyalitas dalam jangka panjang. 

Sebagai contoh, memanfaatkan mega promo yang berlangsung setiap bulan seperti 11.11 & 12.12, momen harbolnas, memberikan beragam promo, cashback, dan potongan harga hingga gratis ongkir dapat digunakan untuk mendorong konversi penjualan.

  • Mengambil keputusan berdasarkan data dari analisis pada dashboard analytics

Data merupakan bagian penting dari sebuah bisnis dan sebagai peran kunci untuk mengidentifikasi apa yang berhasil, dan apa yang tidak. Wawasan dan indikator berbasis data membantu memahami perilaku pelanggan lebih baik, sehingga bisa mengambil keputusan yang mampu mendorong lebih banyak penjualan.

  • Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas

Untuk memenangkan persaingan di e-commerce,  kamu harus bisa membuat deskripsi produk yang lengkap dan menarik untuk konsumen. Dalam pembuatannya, informasi yang dicantumkan bisa memuat spesifikasi produk, cara penggunaan, kelebihan dan keunikan produk, hingga bahan-bahan yang digunakan dalam komposisinya.

Manfaat menyusun deskripsi produk adalah kamu bisa membuat konsumen lebih kenal terhadap keunggulan dan fungsi produk secara spesifik. Ketika kamu menulisnya dengan lengkap, deskripsi produk pun akan mempermudah pembeli untuk mempertimbangkan/memilih produk.

Dengan menggunakan e-commerce UMKM dapat memperoleh beberapa keuntungan yang meliputi layanan dan citra perusahaan menjadi baik, menemukan partner bisnis baru, proses menjadi sederhana dan waktu dapat dipadatkan, dapat meningkatkan produktivitas, akses informasi menjadi cepat, biaya operasional berkurang dan fleksibilitas bertambah.

Share your love