Manfaat Social Media Marketing sebagai Sarana Pemasaran Bisnismu!

Share your love

Memiliki anggaran marketing yang terbatas tentu sering dialami oleh bisnis UMKM, karenanya memutuskan strategi marketing yang ideal perlu dilakukan dengan berhati-hati dan melalui pertimbangan yang matang. Salah satu caranya adalah dengan memaksimalkan social media marketing, pasalnya strategi tersebut adalah yang paling mudah dan murah diterapkan untuk bisnismu.

Social media marketing adalah penggunaan platform media sosial secara maksimal untuk membangun sebuah hubungan dengan pelanggan dalam hal membangun brand, meningkatkan penjualan dan meningkatkan traffic (kunjungan) website suatu brand. Social media marketing berporos pada publikasi konten yang berkualitas, interaksi dengan pelanggan, menganalisis data, dan memanfaatkan fitur iklan.

Singkatnya, social media marketing adalah teknik marketing dengan memanfaatkan media sosial. Adapun platform yang paling sering digunakan adalah Facebook, Instagram, Twitter, Youtube dan baru-baru ini telah muncul TikTok.

Memaksimalkan social media marketing sangatlah penting untuk UMKM karena berpotensi menjadi media yang fleksibel dan efektif untuk meningkatkan penjualan. Lalu, selain itu apa saja manfaatnya untuk bisnismu?

Jangkauan yang luas
Manfaat yang pertama dari social media marketing tentu adalah jangkauan pasar yang luas. Media sosial dapat menghubungkan semua orang di dalamnya secara real-time (respon secara langsung di saat itu juga). Lalu, dengan memanfaatkan social media marketing tentu dapat menjangkau banyak target pasar pada saat yang bersamaan.

Membantu menentukan segmentasi pasar
Media sosial mempunyai banyak platform dengan pengguna yang berbeda. Dengan sedikit analisis dan inovasi marketing, maka secara strategis dapat menargetkan pasar yang berbeda pada setiap platform. Semakin rinci sebuah informasi akan memberikan lebih banyak pandangan tentang platform mana yang harus dimaksimalkan.

Melakukan marketing yang tidak tepat sasaran tentu akan mengurangi nilai konversi penjualan produk. Media sosial sangat memungkinkan Anda untuk menentukan segmen pasar dengan mudah. Melalui alat analisis media sosial dan dengan kemampuan analisis yang canggih, media sosial dapat membantu menentukan target pasar yang ideal.

Membangun kedekatan dan kepercayaan dengan pelanggan
Masifnya pengguna media sosial di dunia menjadi alasan terbaik untuk memasarkan bisnis melalui media sosial. Banyaknya aktivitas di media sosial menciptakan peluang besar untuk terhubung dengan pelanggan di mana saja dan kapan saja.

Dengan social media marketing, Anda dapat mengenalkan produk secara detail, sebab customer akan mencoba untuk melihat gambaran produk yang lebih jelas. Selain itu, media sosial memungkinkan Anda untuk berinteraksi lebih dekat dengan para pelanggan dengan memanfaatkan fitur yang ditawarkan oleh suatu platform.

Biaya Lebih Efektif
Untuk mendaftar dan membuat sebuah akun sosial media tidak membutuhkan biaya sedikit pun. Media social marketing cenderung membutuhkan investasi waktu untuk membangun branding dan menayangkan sebuah konten serta melakukan interaksi dengan pelanggan. Akan tetapi jika memutuskan untuk memanfaatkan iklan, media sosial juga menawarkan biaya yang rendah, di mana hal ini sesuai dengan anggaran marketing UMKM yang terbatas.

Meningkatkan penjualan
Manfaat paling dicari dari social media marketing tentu peningkatan penjualan. Penggunaan media sosial jika dimanfaatkan dengan baik dapat memberikan efek yang besar bagi pertumbuhan bisnis. Pada akhirnya, efektivitas marketing media sosial diukur berdasarkan kemampuannya untuk memberikan penjualan.

Social media marketing adalah konsep promosi produk atau jasa dengan platform media sosial supaya proses branding dan promosi produk dapat sesuai dengan target market-nya. Ilmu mengenai social media marketing memang masih tergolong baru. Maka dari itu, untuk mendalami social media marketing memerlukan waktu untuk aktif di media sosial. Selain mencari trend dan memahami perilaku audiens media sosial, sebagai social media marketing harus mempunyai kemampuan berpikir kreatif, mampu menyusun strategi, menganalisis, serta komunikasi yang baik.

Share your love