Seberapa Penting dan Apa Saja Kelebihan Business Model Canvas?

Share your love

Dalam sebuah perencanaan bisnis, adanya kerangka yang diisi dengan perencanaan bisnis amatlah penting. Salah satu model bisnis yang umum digunakan adalah business model canvas. Anda bisa mengetahui apa saja kelebihan business model canvas dalam artikel ini, dan mengapa itu penting.

Model bisnis dibuat dengan tujuan agar semua pihak yang terlibat dalam operasional bisnis, memiliki satu pandangan yang sama terhadap rencana bisnis yang akan dijalankan. Dengan business model canvas, Anda akan lebih mudah memvisualisasikan rencana bisnis untuk ke depannya.

Seberapa Penting Business Model Canvas?

Dengan elemen-elemen yang ada pada business model canvas, perusahaan bisa menyusun strategi perencanaan dan pengembangan bisnisnya. Di samping itu, pada beberapa perusahaan metode ini juga diterapkan untuk membuat strategi perencanaan keuangan.

5 Kelebihan Business Model Canvas

Berikut ini adalah kelebihan business model canvas untuk merencanakan bisnis Anda:

  1. Merancang Bisnis dengan Lebih Praktis

Di dalam business model canvas, Anda tidak perlu menuliskan semua detail perencanaan bisnis. Di dalam template model bisnis ini, sudah ada elemen-elemen yang harus diisi dengan poin-poin perencanaan. Dengan demikian, membuat rancangan bisnis menjadi lebih praktis.

  1. Membuat Bisnis Menjadi Lebih Terfokus

Membuat bisnis yang jelas dan terfokus akan lebih baik dibandingkan dengan memiliki rencana besar yang tak terarah. Struktur dan elemen yang ada di dalam business model canvas sangat membantu untuk memperjelas fokus bisnis.

  1. Dapat Memetakan Bisnis untuk Jangka Panjang

Salah satu cara untuk membuat business model canvas adalah fokus pada saat ini dengan memperhatikan realita yang ada di lapangan. Akan tetapi, ini tidak berarti model bisnis canvas tidak fleksibel untuk perencanaan jangka panjang.

Misalnya saja dalam kondisi krisis yang dialami negara pada saat masa pandemi, model bisnis ini bisa digunakan untuk merancang ulang bisnis agar bisa bertahan dan tetap berkembang.

  1. Menyusun Rencana dengan Akurat

Dalam menyusun strategi dan kerangka bisnis, dibutuhkan perhitungan berbagai macam biaya yang akan dikeluarkan, rencana pengembangan bisnis dan strategi marketing yang tepat. Oleh karenanya, Anda perlu menggunakan model bisnis yang bisa merangkumnya secara cepat dan akurat.

Business model canvas ini adalah pilihan yang tepat. Model bisnis ini bisa menyortir hal-hal kurang penting dan belum dibutuhkan dalam operasional bisnis. Hal ini disebabkan karena apa yang tertuang di dalamnya adalah poin-poin penting yang menjadi pegangan saat membuat rencana berikutnya.

  1. Meminimalisir Kegagalan

Memang tidak ada yang bisa menjamin suatu bisnis akan selalu sukses dan tidak pernah menemui kegagalan. Namun, dengan membuat kerangka bisnis menggunakan business model canvas, Anda bisa meminimalisir dan mengurangi persentase kegagalan tersebut.

Ini adalah salah satu kelebihan business model canvas dibandingkan model bisnis lainnya. Di sini, Anda bisa menuangkan segala rencana dan elemen yang dibutuhkan untuk mengembangkan bisnis. Tentunya, bisnis dengan perencanaan yang kuat dan matang akan lebih siap menghadapi tantangan ke depannya.

Setelah mengetahui seberapa penting dan apa saja kelebihan business model canvas, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan model bisnis ini sebagai kerangka bisnis yang akan dibuat. Menilik dari kelebihan-kelebihannya, business model canvas dapat sangat membantu memandu bisnis Anda agar sukses dan panjang umur.

Share your love