Tiga Hal Fundamental dalam Evaluasi Marketing Menurut Ahli Bisnis Fred R. David

Share your love

Evaluasi umum dilakukan untuk meninjau seberapa efektif strategi yang diberlakukan. Termasuk pada lingkup bisnis, hal ini bahkan jadi agenda rutin yang diadakan setiap 6-12 bulan sekali, sebagai evaluasi untuk melihat hasil strategi marketing yang telah dijalankan. Misalnya, hal-hal seperti retensi pelanggan dan laba atau keuntungan penjualan.

Kenapa Evaluasi Penting?

Evaluasi khususnya evaluasi marketing merupakan suatu metode bagi para pelaku bisnis (tidak melihat skalanya) untuk meninjau kebijakan sekaligus upaya dalam mencapai tujuan marketing. Namun semakin rumit permasalahan maka evaluasi perlu lebih sering dilakukan.

Mengingat era bisnis semakin kompetitif maka upaya untuk melakukan tinjauan untuk memperkuat strategi perlu sering dilakukan. Selain itu penambahan nilai perusahaan pun bisa ditingkatkan melalui strategi marketing terbaru.

Tidak berhenti di sana, evaluasi juga bisa digunakan sebagai metode identifikasi apa yang perlu dilakukan sebagai tindakan korektif dan kapan sebaiknya tindakan tersebut dilakukan.

Beberapa hal yang mengharuskan diberlakukan evaluasi marketing adalah:

  • Perkembangan tren atau era bisnis tertentu yang belum terjamah bisnis Anda
  • Kompleksitas masalah perusahan yang perlu peninjauan kontrol kembali

Nantinya output bisa berupa:

  • Laporan penjualan atau capaian penjualan
  • Margin nilai laba perusahaan
  • Segmen pasar efektif
  • Nilai profit perusahaan secara global, dan sebagainya

Sektor marketing jadi jantung siklus pengembangan produk bahkan hingga peningkatan nilai perusahaan. Menurut Fred R. David, seorang pakar ekonomi bisnis, sedikitnya terdapat tiga hal fundamental dalam evaluasi marketing bisnis.

Ketiga hal ini jadi intisari untuk bisa mendapatkan hasil evaluasi paling konkret. Berikut penjelasan singkat ketiganya.

1. Pemeriksaan Dasar Strategi Marketing

Hal pertama yang jadi fundamental dalam evaluasi adalah pemeriksaan dasar strategi marketing. Dalam langkah ini tim akan mengkaji ulang dasar strategi marketing apa yang dulu digunakan hingga saat ini, serta apa dampak dan kendalanya.

Faktor internal dalam perusahaan dan eksternal dari luar perusahaan ikut ditinjau dalam proses ini. Selanjutnya bila sudah mendapatkan data relevan maka akan dijadikan bahan dasar strategi marketing ke depannya.

2. Perbandingan Hasil

Membandingkan antara hasil strategi marketing sebelumnya dan hasil strategi marketing saat ini juga menjadi hal fundamental dalam evaluasi marketing. Proses ini dilakukan dengan tujuan utama mendapat alternatif strategi.

Dalam beberapa kasus, strategi alternatif akan dikembangkan lagi menjadi beberapa opsi demi menjamin marketing yang sesuai target dan berkelanjutan.

3. Mengambil Tindakan 

Terakhir, hal yang menjadi fundamental evaluasi marketing termasuk mengambil tindakan koreksi dari hasil evaluasi. Ini perlu dilakukan untuk memastikan strategi bisa berjalan sesuai rencana yang telah dibuat.

Tiga hal fundamental di atas bisa jadi rujukan untuk melakukan evaluasi marketing lebih baik, agar bisa mendapatkan informasi serta strategi yang tepat untuk diterapkan di masa yang akan datang. Terutama bila seorang pelaku usaha ingin mendapatkan hasil menyeluruh terkait evaluasi marketing maka hal di atas sangat perlu di bahas secara berkala. 

Share your love