Memulai Bisnis UMKM Melalui Franchise, Apa Saja Keuntungannya?

Share your love

Bisnis waralaba atau dikenal juga sebagai bisnis franchise adalah salah satu model bisnis yang populer di Indonesia. 

Berdasarkan kamus besar bahasa indonesia (KBBI), franchise atau waralaba diartikan sebagai kerja sama dalam bidang usaha dengan bagi hasil sesuai dengan kesepakatan yang mencakup dengan hak kelola serta hak pemasaran.

Singkatnya, franchise adalah skema kemitraan usaha antara pemilik merek dagang, produk, atau sistem operasional dengan pihak kedua yang membeli izin untuk pemakaian merek, produk, serta sistem operasional dalam menjalankan sebuah bisnis.

Dengan demikian, komponen yang terlibat di dalam model bisnis franchise terbagi menjadi dua elemen, yaitu:

  • Franchisor: Pihak pertama yang merupakan pemilik merek dagang dan model bisnis.
  • Franchisee: Pihak kedua yang merupakan pembeli merek dagang, dan model bisnis atau pembeli izin franchise.

Jenis bisnis franchise

Berdasarkan sistem kerja dan model kemitraannya, model bisnis franchise dibagi menjadi tiga jenis. Ketiga jenis tersebut antara lain:

  1. Product Franchise

Suatu bentuk franchise di mana franchisee hanya bertindak sebagai distributor produk dari franchisor.

Contoh: Bisnis BBM (Shell, Pertamina)

  1. Processing or Manufacturing Franchise

Jenis  franchise di mana franchisor memiliki peran know-how dalam proses produksi dan menjualnya dengan menggunakan merek dagang dan merek franchisor.

Contoh: Industri F&B (Coca-cola, Fanta)

  1. Sistem Franchise

Franchisor memiliki sistemnya sendiri dalam menyajikan produk dalam satu paket, pada jenis ini franchisee akan membeli keseluruhan sistem. 

Contoh: Industri fast food restaurant (Mcdonald’s, KFC, Burger King)

Keuntungan bisnis franchise

Sebagaimana bisnis pada umumnya yang menawarkan segala keuntungan. Model bisnis franchise juga menawarkan keuntungan bagi setiap pihak yang menjalankannya. Baik franchisor sebagai pemilik bisnis, maupun franchisee atau pembeli hak dari bisnis franchise tersebut. Berikut adalah beberapa keuntungan yang dapat diraih seseorang atau badan usaha yang menerapkan model bisnis franchise.

  1. Perkembangan bisnis relatif cepat

Sebagai seseorang  yang memulai karir sebagai seorang pengusaha, model bisnis franchise adalah pilihan yang cukup tepat. Pasalnya, sebagai franchisee hanya perlu menjalankan dari sistem operasi serta strategi bisnis sudah terlebih dulu ditentukan oleh franchisor. Dengan demikian, kemungkinan besar bisnis akan berkembang dalam waktu yang relatif cepat.

  1. Minim branding dan promosi

Benefit lain sebagai franchisee adalah minim melakukan branding dan promosi, karena bisnis franchise telah lebih dulu memiliki branding yang kuat, sehingga mudah dikenal dan telah dipercaya oleh konsumen. Dengan brand awareness yang telah kuat, franchisee mendapatkan keuntungan dengan menjalankan bisnis franchise dengan lebih mudah dari segi promosi dan branding.

  1. Memiliki rekan bisnis profesional

Memiliki rekan bisnis yang berpengalaman dan profesional merupakan salah satu keuntungan yang bisa Anda raih saat menjalankan bisnis franchise. Sesama franchisor sebagai rekan kerja, kebutuhan fasilitas atau sistem operasi dalam pengembangan bisnis biasanya telah disediakan lebih dahulu. Maka, franchisee hanya perlu fokus menjalankan bisnis demi meraih keuntungan serta menjaga agar bisnis tersebut stabil dan kuat.

  1. Sebagai tempat pembelajaran bisnis

Bisnis franchise  dapat dijadikan sebagai pembelajaran bisnis untuk menambah pengetahuan serta keahlian yang dibutuhkan sebagai seorang pengusaha. Pembelajaran dari aspek bisnis seperti promosi, marketing, pembentukan sistem operasi, manajemen bisnis dan banyak lainnya. Sehingga ilmu yang didapatkan dapat diadopsi dan diterapkan pada kebutuhan pengembangan bisnis lanjutan yang sedang dibangun di kemudian hari.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai bisnis franchise, mulai dari jenis-jenis bisnisnya serta sederet keuntungannya. Bagaimana apakah kamu tertarik untuk menjalani usaha franchise?

Share your love