Unsur Pemasaran yang Penting untuk Menunjang Keberhasilan Strategi Bisnis

Share your love

Strategi pemasaran merupakan suatu upaya yang dilakukan untuk memasarkan produk menggunakan rencana atau taktik tertentu. Di dalam strategi pemasaran, ada beberapa unsur pemasaran yang harus diperhatikan untuk bisa menunjang strategi tersebut berjalan dengan baik.

Tujuan utama dari strategi pemasaran tentu saja untuk bisa memasarkan produk atau jasa secara lebih luas dan meningkatkan sales. Strategi pemasaran harus dipersiapkan sejak awal sehingga rencana dan tujuan sebuah bisnis bisa tercapai.

5 Unsur Pemasaran yang Penting untuk Menunjang Strategi Bisnis UMKM

Berikut ini adalah unsur-unsur dalam pemasaran yang perlu diketahui dan dipahami terutama untuk pebisnis pemula:

  1. Penentuan Pasar (Market Segmentation)

Segmentasi pasar harus dilakukan di awal sehingga pebisnis bisa fokus untuk melakukan strategi pemasaran yang tepat di pasar yang sudah dikelompokkan ataupun target pasarnya. Dengan melakukan penentuan pasar, produk dan jasa yang dibuat akan disesuaikan dengan kebutuhan pasar.

Dari segi biaya, ini akan menjadi lebih efektif. Target pasar yang sudah ditentukan di awal membuat pelaku UMKM bisa membuat rencana promosi dan penjualan dengan lebih tepat. Kemudian, lihat bagaimana respon pasar terhadap strategi pemasaran yang dilakukan.

Pelaku UMKM akan mengalami kesulitan untuk mengembangkan usahanya ketika tidak melakukan market segmentation. Sebab dalam suatu pasar ada banyak sekali konsumen yang memiliki kebutuhan berbeda dan pelaku usaha akan kebingungan untuk menemukan kebutuhan pasar yang cocok dengan usahanya.

  1. Perencanaan Produk

Unsur pemasaran berikutnya adalah perencanaan produk. Ini bermula dengan melakukan penentuan pasar dan riset pasar terlebih dahulu. Sebuah produk yang sukses di pasaran, tidak mungkin jika tidak melalui dua hal tersebut.

Perencanaan produk bisa dilakukan dengan menganalisa kebutuhan pasar atau dengan mempelajari kelebihan dan kekurangan pesaing.

Sebagai contoh, bisnis yang menjual produk pernak-pernik seperti jepit rambut dan jedai akan memiliki produk yang penuh warna, serta mungkin dengan motif floral. Ini karena segmentasi pasarnya adalah para wanita terutama ibu-ibu.

  1. Manajemen Harga

Tidak dipungkiri bahwa harga produk dapat menentukan posisi produk tersebut di pasar. Oleh karena pentingnya hal ini, manajemen harga pun masuk dalam salah satu unsur pemasaran yang harus dipahami oleh para pengusaha.

Manajemen harga dilakukan dengan mempertimbangkan beberapa hal seperti analisis biaya, tujuan penetapan harga, memperkirakan permintaan hingga menetapkan harga akhir dari suatu produk ataupun jasa.

  1. Strategi Promosi

Strategi promosi yang baik akan membantu perusahaan melakukan komunikasi yang efektif dengan para pelanggan atau target pasarnya. Strategi promosi bisa diawali dengan melakukan rencana untuk meningkatkan brand awareness (kesadaran terhadap brand) di tengah masyarakat.

Dengan merencanakan dan mengeksekusi strategi promosi yang baik, masyarakat terutama target pasar akan dengan mudah menempatkan bisnis Anda di kepala mereka. Strategi ini bisa dilakukan dengan memasang iklan, mempromosikan penjualan secara langsung atau dengan melakukan publikasi melalui media sosial.

Pada dasarnya bisnis yang memiliki produk berkualitas memiliki nilai plus karena tidak akan butuh strategi pemasaran yang terlalu rumit. Memahami unsur pemasaran bagi pengusaha UMKM, apalagi pebisnis pemula, akan sangat membantu ketika membuat rencana untuk strategi pemasaran.

Share your love